KOTA JAKARTA [dot] INFO, Sejarah, Jalan-jalan dan Cerita tentang Jakarta

Bercerita tentang Jakarta

STASIUN TANJUNG PRIOK


Stasiun Tj

Dengan luas 46.930 meter persegi dan luas bangunan sebesar 3.768 meter persegi stasiun Tanjung Priok merupakan salah satu stasiun terbesar milik kota Jakarta yang terletak di Jalan Taman Stasiun No.1, Jakarta Utara.

Stasiun Tanjung Priok pernah memiliki peranan yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dengan Pelabuhan Tanjung Priok pada masa lalu. Karena, stasiun Tanjung Priok merupakan penunjang transportasi orang dan barang dari dan ke wilayah pelabuhan.

Stasun Tanjung Priok dibangun semasa pemerintahaan Gubernur Jendral A.F.W Indeenburg tahun 1914, dan merupakan stasiun pengganti dari stasiun lama yang dianggap tidak lagi memadai untuk menampung arus manusia dan barang.

Dengan bentuk bangunan bergaya Art Deco, ditambah 8 peron dan jalur ganda yang dimiliki, membuat stasiun Tanjung Priok menjadi lebih megah dibandingkan dengan Batavia Zuid ( Stasiun Jakarta Kota ). Sekitar 1.700 orang tenaga kerja yang 130 orang diantaranya merupakan pekerja berkebangsaan Eropa, dilibatkan dalam proses pembangunannya.

Stasiun Tanjung Priok pertama kali dibuka untuk umum pada tanggal 6 April 1925 bertepatan dengan ulang tahun ke-50 Staats-Spoorwegen ( instansi perkeretaapian Belanda ) dengan jalur kereta listrik ( trem ) Tanjung Priok – Mesteer Cornelis menggunakan lokomotif listrik seri SS.3200 ( lokomotif listrik pertama yang dioperasikan diIndonesia ) .

Pamor stasiun termegah ini sempat meredup ketika pada tahun 2000 PT.Kereta Api ( Persero ) sebagai pemilik dan penanggung jawab stasiun menutup aktivitas stasiun penumpang rute pendek ( Jabodetabek ) di Stasiun Tanjung Priok. Sejak itu kondisi stasiun menjadi sangat memprihatinkan dan tidak terawat.  Puluhan tuna wisma memanfaatkan bangunan bersejarah ini sebagai tempat tinggal sebelum akhirnya pihak perkeretaapian memutuskan membuka kembali stasiun Tanjung Priok sebagai stasiun penumpang ditahun 2009.

Sebagai persiapan dibulan November-Desember 2008 dilakukanlah renovasi besar-besaran terhadap fisik bangunan stasiun. Tidak tanggung-tanggung Dirjen Perkeretaapian mengalokasikan dana sebesar 9 miliar rupiah dalam proses renovasi ini.

Setelah selesainya renovasi fisik bangunan, pengerjaan dilanjutkan dengan dengan rehabilitasi fasilitas track serta pembangunan perangkat sinyal elektrik di awal tahun 2009. Akhirnya pada 28 Maret 2009, stasiun Tanjung Priok dapat kembali difungsikan.  Peresmian kembalinya stasiun ini dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Peresmian Stasiun Tanjung Priok oleh Presiden SBY

Kini, warga Jakarta dapat berbangga. Stasiun yang sempat mati suri itu telah aktif kembali. Kali ini, seperti halnya Stasiun Jakarta Kota, stasiun Tanjung Priok selain digunakan sebagai sarana transportasi massal juga dapat digunakan sebagai obyek wisata. Selain karena memiliki bentuk bangunan bergaya kolonial tempo dulu, didalam stasiun saat ini ditempatkan sebuah lokomotif ESS.3201 atau yang lebih dikenal dengan nama “Si Bonbon” -lokomotif pertama dari seri SS.3200 yang pernah melayani trayek kereta listrik pertama Tanjung Priok-Mesteer Cornelis ditahun 1925-1976-yang menjadi simbol dari stasiun ini.

MASKOT STASIUN TANJUNG PRIOK

dari berbagai sumber

Foto : internet, http://irps.co.id, http://kereta-api.com

About these ads

Filed under: JALAN-JALAN, ,

2 Responses

  1. irma mengatakan:

    dari blok m kalau mau visit ke stasiun tanjung priok ini naik apa ya?? lewatnya mana2 aja? kalau dari halte busway Kota kemana??

    • Adam Sundana mengatakan:

      Halo mba Irma, untuk Blok M – Tanjung Priok kemungkinan ada perubahan trayek baru, jadi pada saat di Blok M mba Irma bisa coba tanyakan pada petugas Dinas Perhubungan, begitu juga dengan trayek Kota – Tanjung Priok. Semoga membantu :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Cuaca

Pemberitahuan

Anda diperkenankan untuk menggunakan atau mengambil sebagian atau seluruh koleksi artikel dan foto di blog ini setelah terlebih dahulu mendapatkan izin dari administrator ( khusus untuk artikel dan foto yang merupakan koleksi pribadi penulis ). Tentu saja dengan mencatumkan alamat URL blog ini sebagai sumbernya.
Sementara untuk beberapa artikel maupun foto yang bukan merupakan koleksi pribadi penulis, administrator hanya akan memberikan URL sumber yang bersangkutan kepada anda.


Terima kasih.

YM Penulis


Blog Stats

  • 60,788 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: