KOTA JAKARTA [dot] INFO, Sejarah, Jalan-jalan dan Cerita tentang Jakarta

Bercerita tentang Jakarta

MUSEUM TAMAN PRASASTI


Pernahkan anda memperhatikan sebuah patung atau rangkaian kata-kata indah yang seakan berbicara mengenai ungkapan perasaan kesedihan dan pengharapan yang mendalam ? Mungkin inilah yang menjadi alasan dialih fungsikannya bekas lahan pemakaman umum Kebon Jahe Kober menjadi museum terbuka dengan nama Taman Prasasti oleh Mantan Gubernur Ali Sadikin pada 19 Juli 1977.


***

Museum Taman Prasasi merupakan salah satu bekas lokasi kompleks pemakaman resmi yang dimiliki Batavia. Didirikan tahun 1795 dengan nama Kerkhoof land diatas lahan seluas kurang lebih 5,5 hektar. Kompleks pemakaman ini merupakan lokasi pengganti dari pemakaman yang terletak disamping Nieuw Hollands Kerk ( Museum Wayang ) dan Portugeeshce Buitenklerk ( Gereja Sion ).

Hingga masa-masa awal pemerintahan Orde Baru lokasi kompleks pemakaman ini masih tetap digunakan terutama bagi masyarakat Nasrani sebelum akhirnya ditutup ditahun 1975 saat dimulainya pembangunan Jakarta.

BENTUK MUSEUM

Kompleks Taman Museum Prasasti berbentuk persegi empat dan memiliki sebuah bangunan induk bergaya Doria ( dibangun tahun 1844 ). Terdapat juga sebuah balairung yang memiliki dua buah ruangan sebagai tempat persemayaman dan lokasi upacara ritual sebelum pemakaman jenasah dilaksanakan.  Halaman belakang balairung berdiri tegak sebuah lonceng perunggu yang akan dibunyikan terus menerus sebagai penanda prosesi pemakaman akan dilaksanakan.

KOLEKSI YANG DIMILIKI

Selain memiliki koleksi fasilitas transportasi, peti jenasah mantan presiden dan wakil presiden Soekarno & HattaDSC 8831 copy serta sejarah orang-orang besar yang penah dimakamkan dilokasi ini, museum prasasti memiliki nilai jual lebih pada tulisan di nisan-nisan dan berbagai bentuk prasasti yang seolah mampu berbicara mewakili kesedihan dan pengharapan.

Seperti tulisan pada salah satu nisan yang berbunyi : SOO GY. NU SYT. WAS. IK VOOR DEESEN DAT. JK, NV BEN SVLT GY OOK WEESEN. ” Seperti anda sekarang, demikianlah aku sebelumnya. Seperti aku sekarang, demikianlah juga anda kelak”.


LOKASI, JAM BUKA, DAN HARGA TIKET

Museum prasasti terletak di Jl. Tanah Abang I no.1 Jakarta Pusat,atau tepatnya disebelah bangunan kantor Walikota Jakarta Pusat.

Jam buka Selasa-Minggu : pukul 09.00 WIB-15.00 WIB ( Senin dan hari libur nasional tutup )

HTM : Dewasa Rp.2000,- ; Mahasiswa : Rp.1000,-; anak-anak : Rp.600,-

About these ads

Filed under: JALAN-JALAN, , ,

6 Responses

  1. [...] 10 Mei Pernahkan anda memperhatikan sebuah patung atau rangkaian kata-kata indah yang seakan berbicara mengenai ungkapan perasaan kesedihan dan pengharapan yang mendalam ? Mungkin inilah yang menjadi alasan dialih fungsikannya bekas lahan pemakaman umum Kebon Jahe Kober menjadi museum terbuka dengan nama Taman Prasasti oleh Mantan Gubernur Ali Sadikin pada 19 Juli 1977. *** Museum Taman Prasasi merupakan salah satu bekas lokasi kompleks pemakaman resmi … Read More [...]

  2. [...] Pieter Erberveld terpampang ditembok halaman belakang museum tersebut. Atau jika kita berkunjung ke Museum Prasasti-Jakarta , kita dapat melihat bentuk tembok monumen Pieter Erberveld lengkap dengan inskripsi dan patung [...]

  3. alisyah mengatakan:

    sippp, I’ll be there some time.

  4. zam mengatakan:

    Been there long time ago! :D

  5. [...] MUSEUM TAMAN PRASASTI « KOTA JAKARTA [dot] INFO kota-jakarta.info/2009/06/17/museum-taman-prasasti – view page – cached Pernahkan anda memperhatikan sebuah patung atau rangkaian kata-kata indah yang seakan berbicara mengenai ungkapan perasaan kesedihan dan pengharapan yang mendalam ? Mungkin inilah yang menjadi alasan… (Read more)Pernahkan anda memperhatikan sebuah patung atau rangkaian kata-kata indah yang seakan berbicara mengenai ungkapan perasaan kesedihan dan pengharapan yang mendalam ? Mungkin inilah yang menjadi alasan dialih fungsikannya bekas lahan pemakaman umum Kebon Jahe Kober menjadi museum terbuka dengan nama Taman Prasasti oleh Mantan Gubernur Ali Sadikin pada 19 Juli 1977. (Read less) — From the page [...]

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Cuaca

Pemberitahuan

Anda diperkenankan untuk menggunakan atau mengambil sebagian atau seluruh koleksi artikel dan foto di blog ini setelah terlebih dahulu mendapatkan izin dari administrator ( khusus untuk artikel dan foto yang merupakan koleksi pribadi penulis ). Tentu saja dengan mencatumkan alamat URL blog ini sebagai sumbernya.
Sementara untuk beberapa artikel maupun foto yang bukan merupakan koleksi pribadi penulis, administrator hanya akan memberikan URL sumber yang bersangkutan kepada anda.


Terima kasih.

RSS Adam Sundana WeBlog

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

YM Penulis


Blog Stats

  • 62,172 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: