KOTA JAKARTA [dot] INFO, Sejarah, Jalan-jalan dan Cerita tentang Jakarta

Bercerita tentang Jakarta

UPT PASAR BUNGA RAWA BELONG


bunga Pernah dengar nama Pasar Bunga Rawa Belong. Ya, Pasar bunga Rawa Belong merupakan sebuah pasar khusus yang memperdagangan produk agricultur khususnya bunga hias.

Sebagai pasar yang hanya memperdagangan jenis produk tertentu tidaklah mengherankan bila banyak orang awam tidak mengetahui lokasi dan seluk beluk pasar ini. Pasar bunga Rawa Belong merupakan pusat lokasi terbesar pemasaran bunga dan tanaman hias serta fasilitas pendukung lainnya diwilayah Jakarta. Pasar yang saat ini dimiliki oleh Unit Pelaksana Teknis ( UPT ) Dinas Pertanian dan Kehutanan DKI Jakarta terletak di wilayah Kebon Jeruk Jakarta Barat. Tepatnya di Jl. Sulaiman no.50, Kebon Jeruk – Jakarta Barat.

Cara mencapai pasar ini tidaklah begitu sulit. Dari arah Bunderan Slipi menuju arah Kebayoran lama dan berbelok di Jl. Sulaiman.

Pasar Rawa Belong menempati area sebesar 1,4 hektar. Awalnya pasar ini memiliki 76 unit kios bunga florist, dan 3 unit los bunga potong. Namun dalam perkembangannya ditahun 1998 prasarana pasar ini ditambah dengan hadirnya gedung ” Graha Promosi Dan Pemasaran ” serta ” Ruang Informasi “. Bahkan,dengan adanya peningkatan kebutuhan akan bunga dan tanaman hias di DKI Jakarta dan guna menjaga stabilitas harga dan kondisi produk, pada tahun 2004 dibangunlah sebuah ” Gedung Lelang ” diatas lahan seluas 200 meter pesegi.

Jenis produk yang ditawarkan oleh pasar bunga Rawa Belong cukup beragam. mulai dari berbagai bunga potong sejenis anggrek dan lainnya, bunga-bunga subtropik, aneka daun untuk hiasan, rangkaian bunga dan tanaman, hingga berbagai sarana produksi pertanian seperti pupuk dan pot.

Dengan banyaknya jenis produk dan jasa yang ditawarkan, tidaklah mengherankan jika kesibukan pasar ini termasuk tidak pernah berhenti. Puncak transaksi terjadi pada pukul 03.00 WIB – 07.00 WIB setiap hari.

Nah, jika anda memiliki kebutuhan akan bunga potong baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis, pasar bunga Rawa Belong merupakan salah satu tempat yang bisa dijadikan referensi.

sumber : UPT Pasar Rawa Belong

Filed under: JALAN-JALAN,

3 Responses

  1. Bunga mengatakan:

    Bunga hias yang indah adalah aset nasional yang sangat berharga yang bisa kita temukan di pasar bunga rawa belong.

  2. nura mengatakan:

    wahhh,, patut buat di kunjungi tuh,, slnya saya punya kebun bunga anyelir,, spa tau bunyanya bisa dijual disana… he

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Cuaca

Pemberitahuan

Anda diperkenankan untuk menggunakan atau mengambil sebagian atau seluruh koleksi artikel dan foto di blog ini setelah terlebih dahulu mendapatkan izin dari administrator ( khusus untuk artikel dan foto yang merupakan koleksi pribadi penulis ). Tentu saja dengan mencatumkan alamat URL blog ini sebagai sumbernya.
Sementara untuk beberapa artikel maupun foto yang bukan merupakan koleksi pribadi penulis, administrator hanya akan memberikan URL sumber yang bersangkutan kepada anda.


Terima kasih.

YM Penulis


Blog Stats

  • 80,845 hits
%d blogger menyukai ini: