KOTA JAKARTA [dot] INFO, Sejarah, Jalan-jalan dan Cerita tentang Jakarta

Bercerita tentang Jakarta

SUDAH PERNAH KE MONAS?


Tugu Monumen Nasional

Lari pagi atau sekedar piknik di taman Monas adalah salah satu pilihan menarik karena tidak ada biaya untuk masuk ke dalam taman tersebut. Tetapi jika mau naik ke atas Monas atau jalan-jalan ke museum kita harus mengeluarkan kocek sebesar Rp. 2500,- hanya sampai cawan & Rp. 7500,- sampai ke puncak. Jam buka Tugu & Museum adalah jam 09:00 – 16:00 hari Senin – Minggu.

Dalam cawan Monas terdapat Diorama sejarah perjuangan bangsa Indonesia pada masa penjajahan, cawan ini dapat menampung hingga 500 orang dengan luas ruangan 80×80 meter. Untuk kapasitas pelataran puncak hanya dapat menampung 50 orang jadi kita harus rela antri untuk dapat bergantian melihat luasnya Jakarta dari atas Monas.

Akses transportasi umum yang dapat kita gunakan menuju Monas diantaranya adalah Kereta Rangkaian Listrik (KRL) karena ada Stasiun Gambir dan Busway dengan Halte pemberhentian di depan Museum Gajah.

Kilas Sejarah

Tugu Monumen Nasional biasa disebut Monas diresmikan oleh Ir. Soekarno pada 17 Agustus 1961, dan mulai dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975.

Bangunan yang mempunyai tinggi 137 meter, dengan luas pelataran Puncak 11×11 meter, berat Lidah Api 14,5 ton, berat lapisan emas 35 kg.
Implementasi angka keramat 17-8-45 terdapat pada tinggi pelataran cawan 17 meter, tinggi museum 8 meter dengan luas pelataran 45×45 meter.

Tugu ini terletak di area seluas 80 hektar yang sempat berganti nama beberapa kali mulai dari Lapangan Gambir, Lapangan Ikada, Lapangan Merdeka, Lapangan Monas dan Taman Monas.

catatan : dari berbagai sumber

Filed under: JALAN-JALAN,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Cuaca

Pemberitahuan

Anda diperkenankan untuk menggunakan atau mengambil sebagian atau seluruh koleksi artikel dan foto di blog ini setelah terlebih dahulu mendapatkan izin dari administrator ( khusus untuk artikel dan foto yang merupakan koleksi pribadi penulis ). Tentu saja dengan mencatumkan alamat URL blog ini sebagai sumbernya.
Sementara untuk beberapa artikel maupun foto yang bukan merupakan koleksi pribadi penulis, administrator hanya akan memberikan URL sumber yang bersangkutan kepada anda.


Terima kasih.

YM Penulis


Blog Stats

  • 80,845 hits
%d blogger menyukai ini: