KOTA JAKARTA [dot] INFO, Sejarah, Jalan-jalan dan Cerita tentang Jakarta

Bercerita tentang Jakarta

MONUMENT DIRGANTARA


2535382201 cc5a5e0d14Umumnya masyarakat Jakarta pasti akan mengerinyitkan dahi saat ditanya “tahukah anda dimana letak Monumen Dirgantara?”. Tetapi, saat pertanyaan diubah menjadi, “tahukah anda dimana letak patung Pancoran ?”. banyak orang yg akan menjawabnya.

“Monumen Dirgantara”, atau yang lebih dikenal dengan nama “Patung Pancoran” terletak di perempatan Pancoran. Tepatnya di perbatasan yang memecah Jakarta menjadi empat buah jalan utama yakni, Jl. Letjen MT. Haryono, Jl. Jend. Gatot Subroto, Jl. Prof. Dr. Soepomo, dan Jl. Raya Pasar Minggu ini merupakan realisasi dari mimpi “proyek mercusuar” kebanggaan presiden pertama RI, Ir. Soekarno, yang ingin menggambarkan keperkasaan Bangsa Indonesia dalam bidang kedirgantaraan.

Pembangunan proyek memakan waktu selama kurang lebih satu tahun ( 1964-1965 ) dan sempat terhambat oleh peristiwa G30S/PKI. Perempatan Pancoran dianggap sebagai lokasi yang sangat strategis sebagai tempat penempatan monumen karena merupakan pintu masuk pertama ke kawasan jantung Jakarta dari arah Bandar udara Halim Perdanakusuma. Selain itu, lokasi ini juga berdekatan dengan Markas Besar Angkatan Udara Republik Indonesia ( sekarang wisma Aldiron ).

Monument perunggu dengan ketinggian 11 meter ( belum termasuk kaki sepanjang 27 meter ) dan berat 11 ton ini beberapa kali mengalami rencana pemugaran, diantaranya tahun 1986-1987 saat akan dibangunnya jalan tol dalam kota. Bahkan pada era 2000-an Gubernur Sutiyoso pernah ingin melakukan pemugaran kembali terhadap Monumen Dirgantara dengan berbagai macam alternatif dengan alasan mengembalikan nilai monumental dari patung yang saat ini berkurang akibat terjepit fly over .

Namun belum jelas rencana pemugaran Monumen Dirgantara tersebut akan terlaksana atau tidak.

Foto : by internet

Filed under: JALAN-JALAN,

One Response

  1. Arie Anggodo mengatakan:

    Entah kenapa, bapak saya selalu menyebut monumen ini (atau kawasan Pancoran) dgn nama patung pencukil mata. Mungkin memang gara2 peristiwa PKI 1965 dan dari rumah kami ke arah kawasan lubang buaya, harus melalui perempatan Pancoran tsb. Mungkin ada rekan yg menyebut dgn nama yg sama??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Cuaca

Pemberitahuan

Anda diperkenankan untuk menggunakan atau mengambil sebagian atau seluruh koleksi artikel dan foto di blog ini setelah terlebih dahulu mendapatkan izin dari administrator ( khusus untuk artikel dan foto yang merupakan koleksi pribadi penulis ). Tentu saja dengan mencatumkan alamat URL blog ini sebagai sumbernya.
Sementara untuk beberapa artikel maupun foto yang bukan merupakan koleksi pribadi penulis, administrator hanya akan memberikan URL sumber yang bersangkutan kepada anda.


Terima kasih.

YM Penulis


Blog Stats

  • 80,845 hits
%d blogger menyukai ini: