KOTA JAKARTA [dot] INFO, Sejarah, Jalan-jalan dan Cerita tentang Jakarta

Bercerita tentang Jakarta

KISAH PARA NYAI


Cerita-cerita tentang wanita simpanan selalu bisa dijadikan sebagai bahan perbincangan menarik dari masa ke masa. Dimasa Kerajaan Nusantara para wanita simpanan yang umum disebut selir biasa dikumpulkan disalah satu ruang pendopo khusus . Tidak ada tugas tertentu yang harus dilakukan kecuali (maaf) sebagai pemuas nafsu atau teman bercerita Raja dan kerabat kerajaan.

Nasib selir tak ubahnya seperti budak pada umumnya. Meski terkadang lebih beruntung dari sisi materi, kehidupan selir diatur oleh majikannya. Jika sang majikan merasa jenuh dan tidak lagi menyukai mereka, ia dapat membuang mereka layaknya sampah. Tetapi, jika sang majikan menyukai prilaku apalagi sampai jatuh cinta maka kehidupan para selir ini dijamin akan bergelimang harta dan kesenangan.

Dimasa terbentuknya Batavia, cerita tentang kehidupan selir juga banyak terjadi dan menjadi buah bibir. Sejak masa awal pemerintahan J.P Coen memelihara selir dianggap sebagai penanda status dan menjadi trend bagi bangsawan, prajurit serta tuan tanah Eropa.

Nyai (sebutan selir dimasa kolonial ), umumnya berasal dari wanita bumiputera berparas cantik yang akibat desakan ekonomi atau terjebak dalam perdagangan budak terpaksa menjadi istri diluar nikah. Kehidupan mereka umumnya mapan dari segi materi, namun dalam status sosial kehadiran Nyai sering dianggap sebagai wanita murahan. Mereka tidak pernah bisa mendapatkan status “istri” meskipun banyak diantara mereka telah memiliki anak dari hasil hubungan dengan majikannya. Bahkan, dikalangan bumiputera sendiri cap sebagai “penzina” sering dialamatkan kepada para nyai.

Kisah tentang keberadaan Nyai yang cukup terkenal di Batavia adalah kisah tentang kehadiran “Nyai Dasima” (1811-1816). Wanita asal Parung, gundik Meener Edward William ( warga Inggris yang menetap diBatavia ) ini diriwayatkan lari dari tuannya untuk menjadi istri ke-dua supir sado (delman) bernama Samiun. Kisahnya berakhir tragis. Dasima ditemukan mati terbunuh diwilayah sekitar kali Kwitang.

Cerita Nyai Dasima ditulis dalam dua versi berbeda oleh G. Francis (Tjerita Njai Dasima; 1896 ) dan seorang budayawan Betawi bernama SM. Ardan yang menerbitkannya sebagai roman sejarah (Nyai Dasima; 1965 ).

Kisah lain yang tak kalah tragisnya adalah kisah Mariam. Gundik peliharaan sinyo Belanda bernama John yang menjalin cinta segitiga dengan seorang supir sado bernama Husin ( Toko Merah; Saksi kejayaan Batavia lama ditepian Muara Ciliwung ) . Mariam ditemukan mati terbunuh disekitar jembatan Ancol.

Selain Mariam, kisah Rossina, budak jelita turunan Bali yang menjalani hukum gantung didepan Stadhuis (sekarang Museum Fatahillah ) juga menyimpan sejarah kelam kehidupan Nyai di Batavia. ( Cerita Rossina; F.D.J Pangemanan )

*Dari berbagai sumber

Filed under: CERITA TENTANG JAKARTA, ,

5 Responses

  1. Bang Uddin mengatakan:

    Ijin ninggalin jejak ya gan… thx

  2. […] 9 Mei Cerita-cerita tentang wanita simpanan selalu bisa dijadikan sebagai bahan perbincangan menarik dari masa ke masa. Dimasa Kerajaan Nusantara para wanita simpanan yang umum disebut selir biasa dikumpulkan disalah satu ruang pendopo khusus . Tidak ada tugas tertentu yang harus dilakukan kecuali (maaf) sebagai pemuas nafsu atau teman bercerita Raja dan kerabat kerajaan. Nasib selir tak ubahnya seperti budak pada umumnya. Meski terkadang lebih beruntu … Read More […]

  3. kota-jakarta(dot)info mengatakan:

    Artikel ini telah di plagiat oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab dengan menerbitkannya untuk kepentingan komersial melalui situs shvoong.com

    http://kota-jakarta.info/2009/12/25/surat-terbuka-bagi-saudara-ardi-marsudiono-penjiplakan-artikel-kisah-para-nyai-untuk-kepentingan-komersil/

  4. ada novel baru terbit tentang budak budak dari bali jaman perbudakan di batavia terbitan LKIS judulnya: budak pulau surga
    http://www.facebook.com/pages/Novel-Budak-Pulau-Surga/66740848000

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Cuaca

Pemberitahuan

Anda diperkenankan untuk menggunakan atau mengambil sebagian atau seluruh koleksi artikel dan foto di blog ini setelah terlebih dahulu mendapatkan izin dari administrator ( khusus untuk artikel dan foto yang merupakan koleksi pribadi penulis ). Tentu saja dengan mencatumkan alamat URL blog ini sebagai sumbernya.
Sementara untuk beberapa artikel maupun foto yang bukan merupakan koleksi pribadi penulis, administrator hanya akan memberikan URL sumber yang bersangkutan kepada anda.


Terima kasih.

YM Penulis


Blog Stats

  • 80,845 hits
%d blogger menyukai ini: