KOTA JAKARTA [dot] INFO, Sejarah, Jalan-jalan dan Cerita tentang Jakarta

Bercerita tentang Jakarta

JOHANNES RACH ( 1720-1783 ) & KARYA LUKISANNYA TENTANG JAKARTA


Sebelum abad ke-20, dimana era fotografi masih sangat terbatas, selain dengan menggunakan catatan-catatan tertulis, informasi mengenai kondisi suatu tempat maupun peristiwa yang terjadi hanya dapat diperoleh melalui karya-karya seni lukis dari para pelukis di zamannya.

Hal ini berlaku pula bagi keadaan Jakarta (Batavia) dimasa pemerintahan VOC abad ke-18 hingga awal abad ke-19. Lokasi-lokasi penting seperti, bentuk bangunan maupun suasana perkembangan kota Jakarta banyak diketahui berdasarkan data tersebut. Sebut saja bentuk asli Kastil Batavia-Kota (saat ini hanya tinggal cerita), atau Suasana Pasar Senen ditahun 1770.

Diantara para pelukis yang berjasa dalam mengabadikan momen-momen tersebut ada salah satu pelukis topografi berbakat bernama “Johannes Rach”.

Tercatat sebanyak 202 buah lukisan topografi karya pelukis kelahiran Kopenhagen, Denmark yang sudah ditemukan dan terdata ini, dapat bercerita banyak mengenai kondisi kota-kota pendudukan VOC termasuk Batavia. Seperti :Castle Of Batavia, Town hall And The Dutch Church Batavia, Fortress Ancol Outside Batavia, dsb (data Perpustakaan Nasional Republik Indonesia).

Bahkan dua lukisan yang pernah diangkat sebagai pelengkap data artikel dalam blog ini ( baca : Pasar Senin Menjelang 274 Tahun Sejarahnya; dan Dimanakah Letak Benteng Meester Cornelis ) juga merupakan karya Johannes Rach yang di sadur dari Koleksi Digital Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Johannes Rach lahir di Kopenhagen, Denmark tahun 1720. Ia belajar melukis dari seorang pelukis istana Denmark bernama Wickman , sebelum akhirnya memutuskan pindah ke Belanda dan bekerja sebagai pelukis topografi di Haarlem pada tahun 1750 .

April 1756 Johannes Rach menikahi gadis Belanda bernama Maria Wilhelmina Valenzijn dan dikarunia seorang putri yang diberi nama Christina Maria setahun setelahnya.

Tahun 1762 dikarenakan kondisi keuangan yang tidak memadai, Johannes Rach memutuskan hijrah seorang diri ke Asia sebagai prajurit penembak VOC. Dalam perjalanannya inilah ia banyak membuat lukisan-lukisan kota yang disinggahi, sebelum akhirnya tiba dan menetap di Jakarta (wikipedia.org )

Johannes Rach wafat 4 Agustus 1783 di kediamannya di kawasan Roea Malakka, Jakarta (sekarang Jl. Roa Malaka-red) dan dimakamkan disebelah Gereja Sion (sekarang menjadi Taman Fatahillah). Sayangnya, tidak ditemukan foto atau lukisan diri pelukis ini.

Note :Lebih lengkap mengenai lukisan karya Johannes Rach dapat dilihat di Koleksi Digital Perpustakaan Nasional Republik Indonesia .

*dari berbagai sumber*

Filed under: CERITA TENTANG JAKARTA, , ,

3 Responses

  1. […] yang pernah diabadikanJohhanes Ranch dalam karya-karya lukisannya tentang Ancol, pada masa itu dengan mudah ditemukan banyak vila-vila […]

  2. […] deskripsi untuk lukisan Johanes Rach mengenai bentuk benteng Meester Cornelis yang dikutip dari Koleksi Digital Perpustakaan Nasional […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Cuaca

Pemberitahuan

Anda diperkenankan untuk menggunakan atau mengambil sebagian atau seluruh koleksi artikel dan foto di blog ini setelah terlebih dahulu mendapatkan izin dari administrator ( khusus untuk artikel dan foto yang merupakan koleksi pribadi penulis ). Tentu saja dengan mencatumkan alamat URL blog ini sebagai sumbernya.
Sementara untuk beberapa artikel maupun foto yang bukan merupakan koleksi pribadi penulis, administrator hanya akan memberikan URL sumber yang bersangkutan kepada anda.


Terima kasih.

YM Penulis


Blog Stats

  • 80,845 hits
%d blogger menyukai ini: