KOTA JAKARTA [dot] INFO, Sejarah, Jalan-jalan dan Cerita tentang Jakarta

Bercerita tentang Jakarta

SURAT TERBUKA BAGI SAUDARA ARDI MARSUDIONO ( PENJIPLAKAN ARTIKEL “KISAH PARA NYAI” UNTUK KEPENTINGAN KOMERSIL )


Kepada YTH

Saudara Ardi Marsudiono

Email : ***

mobile : ***

Web :

http://id.shvoong.com/writers/arsy/

http://ardimarsudiono.blogspot.com/

http://twitter.com/ardim

http://www.squidoo.com/lensmasters/ardi76

Dengan hormat,

Sehubungan tulisan saudara yang dimuat dalam http://id.shvoong.com/humanities/h_history/1919652-kisah-para-nyai/ 6 Agustus 2009, sangat kami sayangkan karena tulisan tersebut dengan atau tanpa sengaja telah saudara jiplak sepenuhnya tanpa izin dari artikel kami yang dimuat dalam http://kota-jakarta.info/2009/07/03/kisah-para-nyai/ atau https://bandarjakarta.wordpress.com untuk keperluan komersil.

Seperti yang tertulis dalam link pemberitahuan kota-jakarta(dot)info, kota-jakarta(dot)info selalu mengizinkan para pembacanya untuk mengambil sebagian maupun seluruh isi artikel, gambar dan foto yang merupakan milik & karya kota-jakarta(dot)info -terdapat beberapa cuplikan artikel, gambar serta foto dalam kota-jakarta(dot)info yang bukan merupakan milik & karya kota-jakarta(dot)info namun kami sertakan sumbernya serta tidak memanfaatkan artikel & foto tersebut untuk kebutuhan komersial-, dengan ketentuan :

1. Pembaca terlebih dahulu meminta izin kepada administrator kota-jakarta(dot)info sebagai pemilik artikel, gambar & foto

2. Pembaca memuat nama situs http://kota-jakarta.info sebagai sumber referensi.

3. Artikel, gambar, serta foto yang diambil tidak digunakan untuk hal-hal yang bersifat komersial, namun sebagai sarana pendidikan maupun referensi bagi pihak yang membutuhkan.

Ulah Saudara Ardi Marsudiono yang telah mengambil dengan seenaknya artikel kota-jakarta(dot)info tanpa izin dan menggunakannya untuk keperluan komersial, kami anggap sangat merugikan.

Undang-Undang Hak Cipta Negara Indonesia No 19 tahun 2002 menyebutkan :

Bab I-Pasal 1 :

1. Hak Cipta adalah hak eksklusif bagi Pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak Ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2. Pencipta adalah seorang atau beberapa orang secara bersama-sama yang atas inspirasinya melahirkan suatu Ciptaan berdasarkan kemampuan pikiran, imajinasi, kecekatan, keterampilan, atau keahlian yang dituangkan ke dalam bentuk yang khas dan bersifat pribadi.

3. Ciptaan adalah hasil setiap karya Pencipta yang menunjukkan keasliannya dalam lapangan ilmu pengetahuan, seni, atau sastra.

Bab II-Pasal 2-Ayat 1

Hak Cipta merupakan hak eksklusif bagi Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk mengumumkan atau memperbanyak Ciptaannya, yang timbul secara otomatis setelah suatu ciptaan dilahirkan tanpa mengurangi pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Bab II -Pasal 12-Ayat 1

Dalam Undang-undang ini Ciptaan yang dilindungi adalah Ciptaan dalam bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra, yang mencakup:

a. buku, Program Komputer, pamflet, perwajahan (lay out) karya tulis yang diterbitkan, dan semua hasil karya tulis lain.

Bab II-Pasal 14 ayat point C

Tidak dianggap sebagai pelanggaran Hak Cipta:

c. Pengambilan berita aktual baik seluruhnya maupun sebagian dari kantor berita, Lembaga Penyiaran, dan surat kabar atau sumber sejenis lain, dengan ketentuan sumbernya harus disebutkan secara lengkap.
Bab II-Pasal 15-Point a-c (i) & (ii)-dan point e
Dengan syarat bahwa sumbernya harus disebutkan atau dicantumkan, tidak dianggap sebagai pelanggaran Hak Cipta:

a. penggunaan Ciptaan pihak lain untuk kepentingan pendidikan, penelitian, penulisan karya ilmiah, penyusunan laporan, penulisan kritik atau tinjauan suatu masalah dengan tidak merugikan kepentingan yang wajar dari Pencipta;

c. pengambilan Ciptaan pihak lain, baik seluruhnya maupun sebagian, guna keperluan:

(i) ceramah yang semata-mata untuk tujuan pendidikan dan ilmu pengetahuan; atau

(ii) pertunjukan atau pementasan yang tidak dipungut bayaran dengan ketentuan tidak merugikan kepentingan yang wajar dari Pencipta;

Selain itu, jika melihat kepada perjanjian pengguna dan ketentuan menulis di shvoong.com point 5, disebutkan bahwa :

Semua isi seperti diatur dalam Ketentuan Penggunaan, yang anda berikan kepada Shvoong untuk dipublikasi, harus menaati semua Petunjuk Penulisan Ringkasan di bawah ini:

A. Anda harus menghindari kutipan langsung karya asli dalam ringkasan anda

B. Anda harus menghindari penggunaan duplikasi tidak langsung dari karya asli dalam ringkasan anda. Ini berarti anda tidak boleh membuat kutipan dan hanya mengganti kata-kata.

C. Anda harus membuat ringkasan anda sesingkat mungkin. Jika ringkasan anda dapat dibuat dengan 500 kata, jangan menggunakan 1000 kata.

D. Sebisa mungkin gunakanlah struktur anda sendiri dalam membuat ringkasan dan jangan meniru struktur dari karya asli.

E. Anda disarankan untuk menambahkan komentar anda pribadi yang memberi kritik / resensi untuk karya asli

F. Bila anda menggambarkan seorang tokoh dari karya asli, anda harus menggunakan kata-kata anda sendiri. Jangan menggunakan kata-kata yang digunakan oleh pengarang karya asli untuk menggambarkan tokoh tersebut.

I. Jangan menulis ringkasan setiap bab secara berurutan dari karya asli

Berdasarkan Undang-Undang serta semua ketentuan tersebut diatas maka pemuatan artikel “Kisah Para Nyai” yang diterbitkan di shvoong.com oleh saudara dengan imbalan berupa pembayaran dengan system paypal kami anggap telah merugikan kota-jakarta(dot)info

Kota-jakarta(dot)info telah menyampaikan keberatan atas pemuatan artikel kepada shvoong.com melalui email Indonesian@Shvoong.com.

Kami menghimbau agar Saudara Ardi Marsudiono dapat segera memberikan klarifikasi mengenai dimuatnya artikel “Kisah Para Nyai” dalam situs http://id.shvoong.com.

Jika terhitung 30 hari sejak email ini dikirim kami belum menerima niat baik serta klarifikasi saudara, kami akan meneruskan persoalan ini sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

Demikian surat ini kami buat dan sampaikan. Kami menunggu jawaban saudara

Terima kasih

Jakarta 25 Desember 2009

Team kota-jakarta(dot)info
Tertanda,
Indra Hardiansyah (penulis)

Adam Sundana (administrator)

*email ini kami muat di http://kota-jakarta.info*

Filed under: Uncategorized

3 Responses

  1. yoyo mengatakan:

    geleng aja kalo ga ada confirmasi

  2. Indra Hardiansyah mengatakan:

    Setuju mas Cahya.
    Kami masih berharap ada niat baik dari yang bersangkutan.

    Terima kasih

  3. Cahya mengatakan:

    Iya Mas, sebaiknya memang demikian. Diberikan surat terbuka terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Cuaca

Pemberitahuan

Anda diperkenankan untuk menggunakan atau mengambil sebagian atau seluruh koleksi artikel dan foto di blog ini setelah terlebih dahulu mendapatkan izin dari administrator ( khusus untuk artikel dan foto yang merupakan koleksi pribadi penulis ). Tentu saja dengan mencatumkan alamat URL blog ini sebagai sumbernya.
Sementara untuk beberapa artikel maupun foto yang bukan merupakan koleksi pribadi penulis, administrator hanya akan memberikan URL sumber yang bersangkutan kepada anda.


Terima kasih.

YM Penulis


Blog Stats

  • 80,845 hits
%d blogger menyukai ini: